Mitos Yang Berkembang di Indonesia

Bila kita membahas mitologi, tentu yang ada dipikiran kita adalah negara atau bangsa dari luar Indonesia seperti Yunani dan Mesir. Negara-negara tersebut memiliki mitos populer yang bahkan bisa disebut sebagai mitos universal.

Negara-negara tersebut memiliki mitologinya sendiri, seperti dewa slot terpercaya Zeus dari Yunani dan Spinx dari Mesir. Lalu, bagaimana dengan Indonesia. Negara kita pun juga memiliki banyak mitos atau mitologi dari setiap provinsinya. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari hewan, mahluk halur, kebiasaan, dan ritual-ritual.

 

 

Sebagai bentuk perjalanannya, Nusantara pun telah melewati berbagai kepercayaan dan agama sebelum ada yang resmi saat ini. Pada masa lalu, masyarakat Indonesia menganut kepercayaan kuno yang mendunia yaitu Animisme dan Dinamisme.

Dalam Animisme dan Dinamisme, penganutnya pun percaya terhadap benda-benda dan roh-roh nenek moyang bahwa mereka lah yang memberi rejeki seperti contohnya hujan.

Keyakinan-keyakinan tersebut dituturkan secara turun-temurun dan masih hidup bahkan sampai saat Indonesia menerima agama lain seperti Buddha, Hindu, dan Islam. Keyakinan itu beradaptasi dan tumbuh di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan masih banyak orang yang mempercayainya.

Apa sih Mitologi itu?

Bila kalian ingin tahu contoh mitos yang ada di Indonesia, alangkah baiknnya kalian tahu arti dari mitos. Jadi, apa sih mitologi itu? Mitologi adalah pada umumnya adalah bentuk suatu sosok atua kejadian yang belum pasti kebenerannya tetapi dianggap sakral dan dipercayain orang banyk. Mitologi mengacu pada berbagai mitos yang dikumpulkan masyarakat.

Berikut ini adalah contoh mitos di Indonesia.

Dayak

Dayak pada awalnya menganut kepercayaan animisme. Orang Dayak muncul dari dunia tengah dari pertempuran kosmik di awal waktu antara pasangan primal, seekor burung/naga jantan dan betina (ular). Praktek Kaharingan berbeda dari satu kelompok ke kelompok lain. Dan dukun adalah spesialis dalam pelarian kegembiraan, adalah inti dari agama Dayak.

Asmat

Mitologi Fumeripits menjelaskan asal usul orang Asmat, di pantai selatan Papua. Mitos ini dipercayain bahwa fumeriptis adalah orang pertama di suku asmat.

Sampan Fumeripits tenggelam di laut dan jasadnya terdampar di pantai Asmat. Menurut suku asmat, ia ditolong dan dihidupkan kembali oleh burung ajaib. Dan ketika dia menciptakan gendang tifa dan memainkannya. Patung-patung dari kayu ini secara ajaib menjadi hidup seperti nenek moyang orang Asmat.