Cerita Menarik Seputar Mitologi

Mitologi Yunani telah meninggalkan kita warisan tak ternilai dari kisah-kisah dengan dewa-dewa yang iri, pahlawan pemberani, petualangan epik, dan kisah-kisah balas dendam dan cinta. Korpus Mitologi Yunani tenggelam dan kita akan membutuhkan beberapa volume buku untuk menutupi sebagian besar cerita dari https://maheshwarisadan.com/. Namun, karena itu wajar, beberapa dari cerita itu lebih disukai daripada yang lain. Berikut adalah ringkasan dari 30 cerita paling terkenal dari Mitologi Yunani.

Teogoni: Clash of the Titans

Menurut Theogony Hesiod, pada awalnya, hanya ada Kekacauan. Kegelapan pekat menutupi segalanya sampai Bumi lahir dari Kekacauan dan gunung-gunung, laut, dan kemudian langit (Uranus) dengan matahari, bulan dan bintang-bintang. Kemudian Uranus dan Bumi bersatu dan melahirkan para Titan. Tapi, Uranus takut salah satu anaknya akan mengambil tahtanya. Itulah sebabnya dia menutup semuanya di kedalaman Bumi. Tetapi putranya, Cronus, yang terkuat di antara para Titan, mengalahkannya dan menjadi pemimpin dunia. Dia menikahi Rhea, yang melahirkan dua dewa dan tiga dewi: Hades, Poseidon, Hera, Hestia dan Demeter.

Tetapi Cronus mewarisi rasa takut ayahnya dan percaya bahwa salah satu keturunannya nantinya akan naik takhta. Jadi, ketika mereka lahir, dia menelan mereka. Namun, Rhea mengharapkan anak keenam dan takut itu akan berbagi nasib yang sama dengan anak-anaknya yang lain, dia diam-diam melahirkan di sebuah gunung di Kreta dan menyembunyikan bayi yang baru lahir di sana. Dia menamai anak itu Zeus. Dia juga menipu Cronus agar mengira dia menelan anak ini juga, dengan memberinya batu yang dibungkus dengan lampin, yang ditelan Cronus mengira itu adalah bayinya yang baru lahir.

Kakak laki-laki dan perempuan Zeus keluar dari Cronus yang sudah dewasa! Ini adalah bagaimana Titanomachy besar dimulai, perang antara para Titan dan para Dewa, dengan Zeus sebagai pemimpin mereka. Pertempuran titanic ini berlangsung selama sepuluh tahun. Para dewa mengalahkan para Titan dan melemparkan mereka ke Tartarus, tempat yang gelap dan suram sejauh bumi dari langit. Kemudian para dewa bertarung dengan Raksasa untuk mendominasi dunia. Gigantomachy berlangsung lama juga. Tetapi para dewa kembali menang. Dengan demikian, Zeus menjadi penguasa seluruh dunia dan dia serta para dewa lainnya menetap di Olympus.

Dia Tiga Saudara Takdir

Dalam mitologi Yunani, Moirae adalah tiga dewi nasib. Clotho, Lachesis dan Atropos. Tiga saudara perempuan menenun nasib manusia dan dewa sama. Baik manusia maupun Tuhan tidak memiliki kekuatan untuk mempengaruhi atau mempertanyakan penilaian dan tindakan mereka! Clotho, si bungsu, memutar benang kehidupan; dia adalah asal mula, penciptaan kehidupan itu sendiri dan benangnya berputar pada kelahiran seseorang!

Prometheus dan Pencurian Api

Suatu hari, Zeus membagikan hadiah kepada semua dewa, tetapi dia tidak terlalu peduli dengan manusia. Titan Prometheus, bagaimanapun, karena dia mencintai dan merasa kasihan pada manusia, naik ke Olympus dan mencuri api dari bengkel Hephaestus, memasukkannya ke dalam buluh berlubang dan memberikannya kepada manusia. Dengan cara ini, manusia bisa membuat api, pemanasan dan membuat alat. Zeus menjadi sangat marah ketika dia mendengar tentang ini. Dia membawa Prometheus ke gunung yang tinggi, Kaukasus, dan merantainya di atas batu dengan rantai tebal yang dibuat oleh dewa pandai besi, Hephaestus.